Jumat, 15 Juni 2012

Kerangka Sistem Akuntansi


System informasi akuntansi (SIA) adalah suatu fungsi yang melaksanakan tugas pengolahan data financial menjadi informasi yang dibutuhkan bagi pemakai di dalam maupun di luar perusahaan. SIA bertanggungjawab menyediakan informasi  keuangan bagi tiap elemen lingkungan kecuali pesaing. Sehubungan dengan kebutuhan informasi keuangan adalah kebutuhan manajemen level atas sehingga SIA hanya melayani informasi yang berorientasi kepada manajemen level  atas tersebut.
Sistem Komputer akuntansi berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan dimana yang dibutuhkan bukan hanya financial melainkan juga operasional (non financial) dan yang membutuhkan informasi bukan hanya manajemen level atas melainkan semua level manajemen. System Akuntansi komputer mendukung manajemen terbuka, Namun masih banyak organisasi yang menerapkan manajemen tertutup. 
  • Tugas Pengolahan Data
  • Persamaan Akuntansi
  • Prinsip Akuntansi
  • Buku Besar
System akuntansi pokok terdiri dari klasifikasi rekening Buku besar, Jurnal dan bukti transaksi. Masing-masing unsur tersebut saling terkait membentuk suatu prosedur pencatatan. 
Berikut ini adalah hubungan masing-masing unsur dengan prosedur lainnya
System dan ProsedureJurnalBukti transaksiBuku Besar
1. PenjualanPenjualanFaktur penjualanRekening Piutang, penjualan
2. Penerimaan KasKasBukti Penerimaan kasRekening piutang, dan kas
3. PembelianPembelianFaktur PembelianRekening Persediaan barang
4. Pengeluaran KasKasBukti Pengeluaran KasRekening Utang dan Kas
5. PayrollUmumDaftar Gaji/ Faktur biayaRekening Gaji & Upah, Potongan, Utang gaji
Tabel di atas menunjukan bahwa dari setiap prosedure akan menghasilkan bukti transaksi. Catatan  dalam jurnal akan diposting ke rekening buku besar.  Tabel tersebut adalah sekedar untuk menunjukan hubungan antar elemen, dalam pelaksanaanya dapat bervariasi, tergantung dari metode yang dipilih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar