Sabtu, 16 Juni 2012

[ Persediaan ] Tentang Stock Opname

Menjawab pertanyaan pengunjung blog-ku ini tentang pencatatan stock dengan stock opname, mengapa sering tidak sama antara catatan dengan stock barang yang sesungguhnya ?
Memang dibutuhkan ketelitian dan kejelian dalam mengelola stock. Teliti dalam mencatat stock masuk dan stock keluar, teliti dalam melihat faktur/surat jalan/dokumen sejenis lain yang berkaitan dengan stock, lihat apakah barang yang masuk atau keluar jumlahnya sudah sesuai dengan dokumen yang menyertainya, hitung ulang penjumlahan dan perkalian yang tercantum dalam dokumen. Anda juga harus teliti terhadap catatan anda, hati-hati dalam merekap dari dokumen ke pembukuan anda, seringkali terjadi apa yang dicatat di pembukuan tidak sama dengan yang tercantum di dokumen, anda juga harus teliti dalam menjumlahkan nilai-nilai dalam pembukuan, kesalahan dalam menjumlahkan sering menjadi penyebab perbedaan antara catatan dengan stock sebenarnya.
Kejelian juga diperlukan dalam mencatat setiap transaksi keluar atau masuk stock, setiap ada barang keluar atau masuk apapun itu harus dicatat.
Satu orang tidak cukup untuk mengurusi stock apalagi mobilitas keluar masuk stock tinggi dan jenis barangnya banyak.
Harus selalu ada koordinasi antara bagian pencatatan dengan bagian penyimpanan stock agar setiap perubahan jumlah stock di gudang terpantau oleh bagian pencatatan, sehingga bagian pencatatan tahu setiap stock keluar atau masuk.
Kuncinya adalah ketelitian, kejelian dan koordinasi yang intensive.
itu saja tips dari saya semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar